Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



IPM dan HW SMK Muhammadiyah Paguyangan Gelar FORTASI dan PTP


BREBES - Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Hizbul Wathan (HW) SMK Muhammadiyah Paguyangan mengadakan kegiatan dalam jangka waktu bersamaan yaitu mulai dari tanggal 17 - 22 Juli 2023. Kegiatan tersebut adalah Fortasi dan PTP.

 

Fortasi (Forum Orientasi Siswa) adalah kegiatan rutin setiap awal tahun ajaran baru yang diagendakan oleh IPM untuk memperkenalkan peserta didik baru ke dalam lingkungan sekolah atau yang lebih dikenal dalam Kurikulum Merdeka yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

 

Sedangkan PTP (Penerimaan Tamu Penghela) merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah Paguyangan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan peserta didik baru dalam gerakan kepanduan dan organisasi intra sekolah.

 

Hal yang membuat kedua kegiatan ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu diadakan dalam jangka waktu bersama di awal tahun ajaran 2023-2024. Adapun tema fortasi yang diusung oleh IPM yaitu "Bangga dan Bergembira Bersekolah untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila".

 

Kusuma Widya Bahri, M.Pd. selaku pembina IPM SMK Muhammadiyah Paguyangan menjelaskan maksud dari tema tersebut adalah agar peserta didik senantiasa percaya diri dan mampu mengeksploitasi setiap kemampuan yang dimilikinya. Khususnya pada saat mereka berada di sekolah. Selain itu, mereka dapat menjadi pribadi yang berkarakter pancasilais dan bermanfaat terhadap lingkungan sekitar maupun luas.

 

“ Tema yang digagas oleh Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah Paguyangan pada kegiatan PTP tahun ini adalah Mengobarkan Api Semangat Kader  Kepanduan dalam Beroganisasi,” katanya.

Pembina HW, Evi Lutfiyani, S.Pd memaparkan jika kegiatan tersebut ditujukan agar peserta didik baru mengenal gerakan kepanduan Hizbul Wathan. Terlebih banyak peserta didik baru yang berasal dari SMP Negeri atau non Muhammadiyah yang sebelumnya lebih mengenal gerakan kepanduan pramuka. Selain itu, diharapkan peserta didik baru lebih semangat dalam berorganisasi.

 

Wakakesiswaan SMK Muhammadiyah Paguyangan Amelia Vembriarti, S.Pd mengatakan, peserta didik tahun ajaran 2023-2024, SMK Muhammadiyah Paguyangan  yang mengikuti kegiatan Fortasi dan PTP berjumlah 141 siswa dari 180+ siswa yang sudah mendaftar di SMK Muhammadiyah Paguyangan.

 

Harapannya jumlah ini akan terus bertambah sampai pada penutupan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di bulan Agustus nanti,” pungkasnya.


 Diliput oleh (Kusuma Widya Bahri, M.Pd., MPI PDM Brebes)


Post a Comment

0 Comments