Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Perdana ke Brebes, Haedar Nashir Resmikan Gedung Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan AUM lain


BREBES - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Haedar Nashir,M.Si resmikan gedung Panti Asuhan dan Tahfidz Qur'an Putri Aisyiyah Cabang Larangan Desa Luwunggede Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Kegiatan ini merupakan rangkaian Pengajian akbar Prof. Dr. Haedar Nashir di halaman panti Asuhan Putri Aisyiyah Luwunggede, Sabtu (25/05/2024)). 


Dalam tausyiyahnya Haedar mengapresiasi atas perkembangan dakwah Muhammadiyah di Cabang Larangan dengan didirikannya berbagai Amal Usaha. Beliau juga mengungkapkan baru pertama kali menginjakkan kakinya di Kabupaten Brebes.


"Saya sungguh bangga karena senang hadir di acara begitu rupa,  penuh dengan keramahan dengan peserta yang diluar saya bayangkan. Ini pertama kali saya ke Kabupaten Brebes, khusunya di Ranting Luwunggede Cabang Larangan Daerah Kabupaten Brebes" ungkapnya.


Beliau prioritas hadir di kawasan tempat terpencil dan terjauh, kawasan yang diluar dimana hadir Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk mencerdaskan dan mencerahkan warga masyarakat secara keseluruhan. Tetapi usaha yang dilakukan tidak semuanya terjangkau, karena begitu luasnya Indonesia. 


" Karena panggilan ilahi, Muhammadiyah hadir untuk menyebarluaskan, memajukan dan mewujudkan Islam sebagai dinul hadhoroh, sebagai agama yang membawa kemajuan peradaban kehidupan umat manusia. Bukan hanya untuk umat muslim namun seluruh umat manusia," paparnya.


Ketua panitia H. Untung Sunoto, M.Pd menyampaikan, Gedung Panti Asuhan dibangun di atas lahan seluas 640 m2 dan menelan biaya sebesar Rp970 juta. Maksud dan tujuan dibangunnya panti adalah implementasi teologi al ma'un dalam mengentaskan anak - anak tidak beruntung yaitu anak yatim piatu dari kesulitan hidup dan keterbelakangan pendidikan. 


" Selanjutnya TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Luwunggede berikut garden atau taman bunga dan buah memiliki lahan seluas 1600 m2. Luas bangunan TK seluas 220 m2 dibangun menghabiskan dana Rp475 juta. Tujuan dibangunya adalah untuk memberikan layanan pendidikan usia pra sekolah khususnya bagi warga masyarakat Desa Luwunggede," jelasnya. 


Wakil ketua 1 Pimpinan Cabang Aisyiyah Larangan Siti Rokhaniyah, S.Pd mengungkapkan, baik Gedung Panti Asuhan maupun TK ABA Luwunggede dibangun di atas lahan wakaf dari Keluarga Besar Almarhum H. Ahmad Tauhid dengan Donatur utama Dr. H. Yunus Husein Pejabat PPATK Jakarta.


" Panti Asuhan Putri Aisyiyah mulai dibangun pada tanggal 4 Desember 2023 dan selesai pada mei 2024. Aisyiyah Cabang Larangan mendapatkan amanah untuk mengelola Panti Asuhan. Tahun ini sudah mendapatkan 8 anak dengan berbagai jenjang pendidikan yang berbeda," katanya. 


Selain Panti Asuhan, Haedar Nashir juga meresmikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Cabang Larangan lainnya yakni gedung Administrasi 3 lantai SMK MUhammadiyah Larangan, gedung Dakwah Muhammadiyah Cabang Larangan, Taman bunga dan buah cabang Larangan Desa Luwunggede dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal Luwunggede.

(MPI PDM Brebes/MPI PCM Larangan)

Post a Comment

0 Comments